Home > Artikel > 6 Minuman Ini Akan Segera Meredakan Radang Tenggorokan Bagikan :


6 Minuman Ini Akan Segera Meredakan Radang Tenggorokan
Senin , 18 September 2017

6 Minuman Ini Akan Segera Meredakan Radang Tenggorokan

Salubritas, Saat mengalami sakit tenggorokan, rasa tak nyaman dan kurang mengenakkan adalah hal yang umum terjadi. Apalagi saat radang tenggorokan datang, kita jadi susah makan dan minum. Rasanya sakit setiap kali menelan atau meminum sesuatu.

Sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja, baik yang tua maupun muda, laki-laki atau perempuan, serta dewasa dan anak-anak. Nah, untuk mengatasinya, sebenarnya obat paling pas untuk sakit tenggorokan adalah minuman hangat dari bahan alami. Selain menyembuhkan dan menyehatkan sakit tenggorokan, minuman dari bahan alami tersebut juga terbebas dari bahan kimia.

Saat mengalami sakit tenggorokan, rasa tak nyaman dan kurang mengenakkan adalah hal yang umum terjadi. Apalagi saat radang tenggorokan datang, kita jadi susah makan dan minum. Rasanya sakit setiap kali menelan atau meminum sesuatu.

Radang tenggorokan umumnya terjadi saat cuaca tidak menentu, dibarengi dengan makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung minyak. Pada musim kemarau dan pancaroba, udara panas membuat kita lebih banyak mengkonsumsi minuman es. Kebiasaan seperti ini mengundang penyakit radang tenggorokan serta flu dan batuk.

Sebenarnya apa sih penyebab utama sakit tenggorokan? Sakit tenggorokan biasanya muncul saat daya tahan tubuh kita menurun. Pada saat musim pancaroba, daya tahan melemah sehingga mudah terserang penyakit.

Bakteri penyebab sakit tenggorokan disebut streptococcus. Gejala fisik yang bisa dilihat jelas adalah tenggorokan berwarna merah meradang dan terasa gatal. Jika sudah kronis, sakit tenggorokan bisa terjadi selama berbulan-bulan.

Penyebab awal sakit tenggorokan biasanya sepele, yaitu flu dan pilek. Jika flu dan pilek dibiarkan berlarut-larut, maka sangat mungkin terjadi radang tenggorokan. Agar segera sembuh, sebaiknya banyak istirahat dan meminum banyak air putih agar cairan tubuh selalu terpenuhi. Mengkonsumsi obat untuk nyeri dan demam seperti paracetamol dan ibuprofenjuga membantu penyembuhan.

Selain flu dan pilek, infeksi bakteri dan otot tegang juga sering menjadi penyebab sakit tenggorokan. Bakteri penyebab sakit tenggorokan bisa masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman. Sementara sakit tenggorokan karena otot tegang biasanya dialami oleh guru atau penyanyi, yang kerap mengeluarkan suara lantang.

1. Teh herbal (teh hijau, teh lemon, atau teh chamomile)

Teh Chamomile salah satu pilihan jitu untuk sakit tenggorokan.

Teh adalah minuman yang disukai oleh semua kalangan. Selain enak rasanya, juga bisa melegakan tenggorokan yang sakit. Namun patut diingat untuk tak menggunakan sembarang gula. Juga, jangan terlalu banyak menambahkan gula dalam teh kamu agar tenggorokan bisa sembuh lebih cepat.

Kamu bisa memilih teh chamomile agar tenggorokan menjadi lebih lega. Bisa juga menggunakan teh lemon agar dahak cepat keluar sehingga tenggorokan lebih leluasa menelan. Mengonsumsi teh hijau juga pilihan yang tepat. Minuman ini kaya manfaat selain untuk kecantikan juga untuk kesehatan. Seduhlah teh herbal hangat bersama madu yang berkhasiat meredakan sakit tenggorokan.

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan bahan kering teh herbalnya–seperti teh chamomile, teh lemon, atau teh hijau. Masukkan 2 hingga 4 sendok teh bahan herbal tersebut dalam cangkir ukuran 150 ml. Tambah gula secukupnya. Selanjutnya kamu tinggal menyeduh dengan air panas. Tutup cangkir selama beberapa saat sebelum diminum. 

2. Minuman rebusan daun kemangi


Siapa sangka daun kemangi juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Daun yang biasanya hanya dipakai sebagai pelengkap lalapan ini sangat ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Mudah didapat dan mudah pengolahannya.

Siapkan saja daun kemangi secukupnya, kira-kira 15 gram untuk 2 gelas air. Cuci bersih kemudian rebus dengan air. Minumlah rebusan air daun kemangi ini 2 kali sehari. Sakit tenggorokan kamu dijamin bisa cepat sembuh.

3. Minuman jahe hangat

Jahe adalah salah satu rempah berkhasiat untuk menenangkan sakit tenggorokan. Utamakan memilih jahe merah karena jahe merah memiliki senyawa zingiberin yang bisa menghilangkan racun dan memperlancar sirkulasi darah. Ini juga berarti jahe mampu mengurangi peradangan.

Rebus saja 4 ruas jahe merah dalam 4 gelas air. Sebelum dihidangkan, tambahkan gula aren juga agar rasanya lebih nikmat. Minum selagi hangat agar sakit tenggorokan cepat sembuh.

4. Air lemon ditambah madu

Lemon sebagai buah juga bisa menyembuhkan gejala sakit tenggorokan. Lemon bisa meredakan nyeri akibat sakit tenggorokan dan menyembuhkan peradangan pada tenggorokan. Campurkan dengan madu agar terasa lebih nikmat.

Cara membuat minuman ini sederhana. Cukup siapkan saja 2 buah lemon dengan madu secukupnya. Selanjutnya, peras lemon dan pisahkan airnya. Kemudian campurkan hasil perasan lemon tersebut dengan madu. Terakhir, seduh dengan air hangat agar tenggorokan lebih mudah menerima minuman ini. Konsumsi rutin agar sakit tenggorokan cepat reda.

5. Susu kayu manis

Rempah rempah berupa kayu manis bisa juga nih jadi alternatif Anda dalam menyembuhkan sakit tenggorokan. Campur saja dalam minuman untuk memperolah khasiatnya. Anda bisa mempercayai kayu manis ini karena ia memiliki antibakteri yang ampuh bunuh bakteri penyebab peradangan. 

Cara membuatnya, campurlah 250 ml susu tawar dengan sesendok gula pasir. Selanjutnya tambahkan 1/8 sdt baking soda dan sesendok teh madu. Aduk kemudian tambahkan ½ sdt kayu manis. rebus hingga hangat lalu hidangkan.

6. Air rebusan cengkeh

Selain daun kemangi, air rebusan cengkeh juga tak kalah berkhasiat. Meredakan sakit tenggorokan yang parah dengan cengkeh bisa jadi solusi yang tepat. Selain untuk sakit tenggorokan, cengkeh ini juga bisa untuk mengobati sakit gigi.

Cara membuatnya cukup mudah. Rebus cengkeh secukupnya dalam air. Untuk menyajikannya tambah gula jawa agar rasa dan aroma minuman lebih enak. Bisa juga mencampurnya dengan daun salam agar aroma minuman makin nikmat. 

Nah, nggak sulit kan kalau kamu ingin meredakan sakit tenggorokan? Tak perlu pakai obat-obatan buatan untuk melegakan tenggorokan dan membuatmu merasa nyaman. 6 resep minuman hangat di atas dijamin bisa membuat kamu merasa lebih baik sampai saatnya sembuh nanti. Selamat mencoba ya!