Home > Artikel > Apa Itu Paraben? Bagikan :


Apa Itu Paraben?
Selasa , 20 Agustus 2019

Apa Itu Paraben?

Salubritas,

Saat ini semakin banyak wanita yang sadar akan pentingnya memilih produk perawatan kulit dengan kandungan yang aman. Hal ini dibuktikan dengan semakin populernya produk kecantikan dengan label natural maupun organik, karena dipercaya bebas dari bahan kimia dan lebih aman untuk kulit. Nah, saat kamu sedang mencari produk kosmetik atau skin care, pasti kamu sering melihat label bertuliskan “Paraben Free” atau bebas paraben, kan? Pernahkah kamu mempertanyakan, sebenarnya paraben itu apa, sih? Lalu, apa bahaya paraben untuk kulit hingga banyak produk yang mengklaim jika kandungannya bebas paraben? Buat kamu yang belum tahu apa itu paraben,

Paraben adalah asam yang terdapat pada buah blackberries yang kemudian diproses menjadi bahan pengawet. Paraben tak hanya terdapat pada pada produk kosmetik, tetapi juga pada obat dan makanan sebagai bahan pengawet untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur pada suatu produk.

Paraben sendiri dianggap berbahaya karena kandungan ini memiliki sifat menyerupai estrogen saat masuk dalam tubuh manusia. Sedangkan tubuh yang mengandung estrogen berlebih dapat mengakibatkan kerusakan fungsi hormon dan memicu meningkatnya risiko penyakit kanker payudara maupun gangguan reproduktif lainnya.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui kandungan paraben dalam sebuah produk? Caranya mudah, kamu tinggal mencari kandungan yang memiliki akhiran –paraben. Bebeberapa diantaranya yang sering digunakan adalah:

1) Methylparaben
2) Ethylparaben
3) Propylparaben
4) Butylparaben
5) Isopropylparaben
6) Isobutylparaben

Wah jadi kamu harus mulai berhati-hati untuk memilih produk skincare yang akan kamu pakai sehari-hari.

Jadi ayo gunakan produk skincare yang memang sudah pasti terbukti bebas dari paraben!




Produk Terkait






Artikel Terkait