Home > Artikel > MANFAAT SIWAK UNTUK KESEHATAN GIGI & MULUT Bagikan :


MANFAAT SIWAK UNTUK KESEHATAN GIGI & MULUT
Senin , 9 Juli 2018

MANFAAT SIWAK UNTUK KESEHATAN GIGI & MULUT

Salubritas, Siwak merupakan ranting atau akar dengan serat yang lembut dari pohon arak.

Apakah siwak itu? Mungkin sebagian dari salmate sudah pernah mendengar kata siwak yang mana siwak ini berkaitan erat dengan kesehatan fungsi bagian-bagian mulut seperti gusi, lidah, maupun gigi. Siwak merupakan ranting atau akar dengan serat yang lembut dari pohon arak. Tanaman yang bernama latin Salvadora percisa ini banyak dijumpai di daerah Timur Tengah, Asia, dan Afrika sehingga tidak salah jika penduduk Arablah yang pertama kali mengenalkan penggunaan siwak.

Di Indonesia, siwak bukanlah barang umum yang mudah di dapatkan. Untuk memudahkan kita membayangkan siwak, kita dapat melihat sikat gigi yang notabene pembuatan sikat gigi memang terinspirasi dari siwak. Beda keduanya adalah sikat gigi terbuat dari plastik sedangkan siwak terbuat dari bahan alami. 

Lalu apa manfaat siwak untuk kita? Berikut penjabarannya:

1. Melawan penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri.

2. Memerangi plak gigi secara efektif.

3. Melawan karies (gigi berlubang).

4. Menghilangkan bau mulut.

5. Membuat aroma mulut menjadi harum.

6. Secara efektif membersihkan daerah interdental (daerah di antara gigi).

7. Meningkatkan sekresi (pengeluaran) ludah serta mencegah terhadap terjadinya dry mouth/xerostomia atau mulut kering.

Nah dari penjabaran di atas tentunya banyak sekali manfaat dari siwak untuk kesehatan mulut, bagi kamu yang ingin merasakan manfaat siwak, bisa coba-in LA DENTA HERBAL TOOTHPASTE.

Pasta gigi ini mengandung bahan-bahan berkhasiat seperti :

Calcium Carbonate

Hampir 50% pasta gigi ini mengandung Calcium Carbonate, yang berfungsi untuk :

1.     Zat pembentuk gigi dan tulang

Calcium memiliki jumlah yang paling banyak di dalam tubuh kita. Manusia sejak di dalam kandungan sudah membutuhkan Calcium ini. Bahkan bagi ibu-ibu yang sedang mengandung dianjurkan mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar Calcium dua kali lipat lebih banyak. Selain itu anak-anak dalam masa pertumbuhan wajib dipenuhi asupan Calcium-nya untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi.

2.     Penyeimbang asam

Asam yang dihasilkan dari fermentasi gula oleh bakteri akan menyebabkan terjadinya demineralisasi lapisan email gigi sehingga struktur gigi menjadi rapuh dan mudah berlubang. Dengan adanya Calcium terjadi proses netralisasi asam sehingga mencegah terjadinya demineralisasi lapisan email gigi.

3.     Sebagai bahan penggosok/abrasif

Sebagai bahan abrasif berfungsi untuk membantu membersihkan  sisa makanan, bakteri, dan noda pada gigi. Sebagai bahan abrasif Calcium lebih aman untuk gigi dibandingkan dengan bahan abrasif lainnya seperti Silica.


Allantoin

Berfungsi sebagai pelindung gusi. Dalam proses menyikat gigi, sikat gigi dapat menimbulkan luka pada gusi yang berpotensi menyebabkan gusi berdarah. Allantoin berfungsi merangsang pertumbuhan jaringan baru sehingga dapat mempercepat perbaikan luka sariawan maupun luka-luka lain di dalam rongga mulut. Selain itu Allantoin juga dapat mempercepat perbaikan luka di lapisan epitel celah gusi akibat gingivitis, periodontitis serta menghentikan pendarahan pada gusi. Bahan ini ditambahkan dalam formula pasta gigi untuk memaksimalkan perlindungan terhadap gusi sehingga menjadikan pasta gigi yang memproteksi jaringan mulut dari iritasi.


Siwak (Maswaak)

Pohon siwak / Salvadora persica, disebut juga pohon sikat gigi,  Salvadora persica memiliki fungsi anti-urolithiatik. Dahan dan akar pohon ini selama berabad-abad digunakan sebagai pembersih gigi alamiah, dahan ranting yang berserat dan lembut telah direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membersihkan gigi dan mulut secara alami. Penelitian menunjukkan bahwa di dalam serat pohon ini mengandung bermacam-macam zat yang sangat bermanfaat, seperti fluoride, abrasive, antiseptik, astringent, deterjen, dan enzyme inhibitor.

LA DENTA HERBAL TOOTHPASTE bisa kamu dapatkan secara ekslusif hanya di www.salubritas.id