Home > Artikel > Photographer Starter Pack Untuk si Amatiran Bagikan :


Photographer Starter Pack Untuk si Amatiran
Yanuar    Senin , 16 Maret 2020

Photographer Starter Pack Untuk si Amatiran

Yanuar,

Di era digital ini, keberadaan kamera bukan lagi sebuah hal yang mewah. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas kamera dari smartphone maupun tablet. Kemudahan mengambil foto ini pun perlahan menuntun orang mulai mencintai dunia fotografi. Lihat saja di feeds instagram kamu. Ada berapa banyak teman yang suka mengambil foto pemandangan maupun selfie yang aesthetic?

Hal ini menunjukkan tak sedikit orang yang mulai tertarik untuk menjadi fotografer. Setidaknya untuk dirinya sendiri dan keindahan feeds instagram mereka tentunya. Nah, buat kamu yang juga mulai tertarik pada dunia fotografi, terdapat beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Apa saja itu?


  •  Kamera

Perangkat pertama yang sudah pasti kamu butuhkan adalah kamera. Tak harus menggunakan kamera yang dibanderol dengan harga mahal. Kamu juga bisa mendapatkan hasil foto yang indah dengan kamera yang ramah di kantong. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kamera, perlu kamu cek dan pahami dulu mengenai spesifikasi yang ditawarkan. Jika kamu tidak terlalu paham, ajaklah seorang teman yang mengerti atau expert dalam dunia fotografi untuk membantu memilihkan kamera yang cocok buatmu. Jangan sampai kamu membeli kamera yang salah dan membuat dirimu kecewa.


  • Ambil foto lebih tajam dengan lensa

Selanjutnya, starter pack fotografer yang harus kamu miliki adalah lensa. Sama halnya seperti mata, kamera juga memiliki lensa yang berguna untuk memantulkan cahaya pada objek benda agar dapat ditangkap oleh sensor film pada kamera dan menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Pada dasarnya, jenis lensa kamera terdapat beberapa jenis yang bisa kamu jadikan pilihan. Mulai dari lensa mikro, tele, wide, landscape, dan masih ada beberapa jenis lensa lainnya. Masing-masing jenis lensa memiliki kegunaannya tersendiri. Contohnya lensa tele, bentuknya yang panjang membuat lensa ini kerap digunakan untuk mengambil foto-foto objek dari jarak jauh, seperti ketika kamu ingin mengabadikan foto satwa liar. Lensa ini tentu lebih cocok kamu gunakan karena tidak perlu mendekati satwa-satwa tersebut. Foto yang dihasilkan pun juga tetap memiliki kualitas yang bagus meski diambil dari jarak jauh.


  • Beri cahaya tambahan di hasil fotomu dengan flash

Kemudian ada juga flash kamera yang harus kamu miliki. Meskipun sebenarnya pada setiap perangkat kamera sudah dibekali flash bawaan. Namun, ada kalanya fasilitas tersebut masih kurang sehingga kamu memerlukan flash eksternal. Pada dasarnya, flash digunakan untuk memberikan tambahan cahaya ketika kamu mengambil sebuah foto di ruangan yang gelap atau bahkan pada malam hari.


  • Strap untuk mempermudah membawa kameramu

Berikutnya adalah strap atau tali kamera. Meskipun kecil, barang yang satu ini memiliki peran yang cukup penting. Dengan strap kamera, kamu bisa membawa kameramu dengan mudah untuk berburu foto di mana pun. Tak hanya untuk dilingkarkan pada leher, tali kamera ini juga bisa kamu lilitkan pada  tangan sehingga kameramu tidak akan mudah jatuh.


  • Simpan perlengkapan fotografi di tas khusus

Terakhir, sebagai seorang fotografer pemula, kamu juga wajib memiliki tas khusus untuk dibawa berburu foto. Tas ini nantinya dibisa kamu iisi dengan perlengkapan penunjang fotografi mulai dari kamera, lensa, flash, dan perangkat tambahan yang lain. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot membawa satu persatu perlengkapan yang kamu miliki.

Sebagai saran, kamu bisa menggunakan Konrad Bag yang memang dirancang khusus untuk mengangkut perlengkapan fotografi. Berbeda dengan tas ransel pada umumnya, Konrad Bag dilengkapi sekat yang letaknya bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, terdapat kunci transportation security administration (TSA) yang akan membuat tasmu lebih aman dan nyaman. Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki Konrad Bag, terdapat dua varian warna yang bisa kamu jadikan pilihan yakni orange dan hijau.


Itulah beberapa photographer starter pack yang kiranya wajib dimiliki oleh pemula. Kamu bisa menyicilnya dengan membeli mulai dari yang terpenting terlebih dahulu misalnya mulai dari kamera, lensa, dan lain-lain. Nah, jadi bagaimana? Sudah siap untuk menghasilkan foto-foto keren dan memamerkannya di instagram?