Home > Artikel > Wajib Tahu nih! Ini Dia Kiat untuk Hidup Sehat Bagikan :


Wajib Tahu nih! Ini Dia Kiat untuk Hidup Sehat
Senin , 18 September 2017

Wajib Tahu nih! Ini Dia Kiat untuk Hidup Sehat

Salubritas, Gangguan kesehatan bisa muncul kapan saja, apalagi jika kita lengah terhadap gejala dan penyebabnya. Tanpa kita sadari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat merupakan faktor penyebab utamanya. Meskipun penyebab lain yang tidak bisa dihindari seperti faktor genetik dan pencemaran lingkungan

Pola hidup sehat pada dasarnya merupakan satu kesatuan program kesehatan. Bila program berjalan lancar maka tujuan program akan lancar. Hidup sehat yaitu hidup tanpa gangguan masalah baik fisik maupun nonfisik.

Gangguan fisik yaitu penyakit yang menyerang tubuh seseorang. Sedangkan nonfisik menyangkut rohani ( jiwa, hati, mind ). Pola hidup sehat adalah pola yang terfokus pada kesehatan, baik itu perilaku, makanan, bahkan gaya hidup yang sangat berpengaruh kepada kesehatan dan menuju hidup yang sehat. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar tetap sehat. Yaitu sebagai berikut

1. Fresh Air, Good Lungs

Untuk terhindar dari gangguan pernapasan, hiruplah udara yang bersih dan sehat. Udara pagi hari sangat baik bagi paru-paru Anda. Hindari merokok, asap kendaraan, debu. Bersihkan rumah dan ruangan kerja secara teratur, termasuk perabotan,kipas angin, AC.

2.Fresh Water

Air mineral / air putih adalah yang terbaik dari minuman apapun. Biasakan minum air putih 8-10 gelas perhari. Dengan begitu fungsi ginjal dan saluran kemih terjaga dan lancar. Saya merekomendasi untuk minum air hangat di malam hari dan air sejuk (bukan air es) di siang hari.

3.Konsumsi Menu Bergizi dan Seimbang

Pilih menu bergizi, seimbang dan bervariasi. Banyak konsumsi sayuran hijau dan buah segar berserat tinggi. Kurangi atau hindari junk food atau fast food dan makanan olahan, serta kurangi garam dan gula. Saya rekomendasikan biasakan sarapan pagi untuk menunjang aktivitas Anda.

4.Seimbangkan Antara Istirahat, Kerja, Olahraga ( Aktivitas Anda )

Biasakan istirahat teratur 7-8 jam pada malam hari ,jangan sering begadang atau tidur terlalu malam. Jangan lupa berolahraga di waktu senggang. Saran saya olahraga lah 2-3 kali per Minggu, selama 40-45 menit.

5.Kontrol Kerja Otak

Otak adalah brain oleh karena itu juga butuh istirahat. Jangan sampai mengalami stres yang berlebihan, karena memori otak terbatas. Lakukan kegiatan yang  rilexs sehingga otak menjadi santai, misal melakukan hobi yang menyenangkan.

6.Hidup Harmonis dan Peacefull

Manusia merupakan mikrokosmos yang harus memenuhi alam sebagai makrokosmos jika ingin tetap sehat. Cobalah menjalani hidup harmonis, sebisa mungkin perkecil risiko stres emosional atau psikis.

Manfaat yang kita peroleh  dengan menerapkan pola hidup sehat yakni penampilan menjadi sehat dan ceria, tidur menjadi nyenyak, kualitas hidup meningkat di mata orang lain, pikiran menjadi sehat dan selalu positif, merasa tentram dan nyama dalam menjalai hidup sehari hari, dan sebagainya,

Jadi mulai sekarang terapkan pola hidup sehat. Mulai dari hal yang sederhana yang mudah untuk dilakukan agar tubuh kita merasa ringan dan nyaman. Hidup sehat pasti memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan jasmani dan rohani asalkan tidak berlebihan. let’s healthy life.