Home > Artikel > Tak Hanya Nikmat, Ternyata Cokelat Punya Segudang Manfaat! Bagikan :


Tak Hanya Nikmat, Ternyata Cokelat Punya Segudang Manfaat!
Yanuar    Selasa , 18 Februari 2020

Tak Hanya Nikmat, Ternyata Cokelat Punya Segudang Manfaat!

Yanuar,

Siapa sih yang tak suka cokelat?

      Hampir semua orang menyukai hasil olahan dari biji kakao yang satu ini. Meski lebih dikenal dalam bentuk batangan, cokelat sebenarnya juga tersaji dalam bentuk olahan yang lain. Salah satunya adalah produk minuman cokelat. Tak jauh berbeda dengan rasa cokelat pada umumnya, minuman cokelat juga menawarkan rasa yang nikmat, terlebih jika disajikan bersama cemilan favorit.

Nah, ternyata di balik nikmatnya minuman cokelat, terdapat segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan. Penasaran apa saja itu?


  • Mengonsumsi cokelat dapat memperbaiki mood yang hilang

Bagi kamu pecinta cokelat, rasanya fakta yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga, ya? Cokelat memang dikenal memiliki kandungan phenylethylamine yang cukup tinggi. Zat yang satu ini berfungsi sebagai perangsang produksi endorphin, yang merupakan hormon pemicu perasaan bahagia. Selain itu, phenylethylamine juga berfungsi sebagai pendorong sekresi hormon serotonin dan dopamine. Keduanya juga sama-sama hormon yang berfungsi sebagai pemicu rasa tenang, nyaman, serta bahagia.


  • Membantu memperkuat dan melancarkan aliran darah ke otak

Selanjutnya, mengonsumsi cokelat dengan juga dapat membantu melancarkan darah yang mengalir ke otak. Seperti yang kita tahu, darah membawa oksigen yang nantinya akan disebarkan ke seluruh tubuh. tak terkecuali ke otak. Otak merupakan salah satu organ tubuh manusia yang membutuhkan pasokan darah serta oksigen dalam jumlah banyak. Aliran darah yang lancar menuju ke otak akan membuat pikiran kita jauh lebih tenang dan juga memaksimalkan kekuatan daya ingat. Maka dari itu, mengonsumsi cokelat saat belajar bisa dijadikan pilihan agar cepat menyerap ilmu serta lebih fokus ketika menyerap materi.


  •   Mengurangi tingkat stress dan perasaan tertekan

Ketika seseorang mengalami stress dan merasa tertekan, kadar hormon kortisol dalam tubuh mereka cenderung meningkat. Hormon kortisol sendiri merupakan hormon yang berfungsi sebagai pengendali stress, penyeimbang kadar gula darah, melawan peradangan dalam tubuh, dan masih banyak lagi lainnya.

Seperti yang telah disinggung pada poin pertama bahwa cokelat mengandung zat yang mampu mendorong produksi hormon pemicu rasa bahagia, maka dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat juga dapat menurunkan tingkat stress dan mengurangi perasaan tertekan yang kamu alami.


  • Menurunkan tekanan darah

Cokelat hitam atau dark chocolate memiliki kandungan antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut bernama flavonoid yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Sel-sel dalam tubuh yang rusak juga bisa diperbaiki oleh kandungan antioksidan yang satu ini, lho.

Selain itu, cokelat hitam juga mengandung epicatechin dan kercetin yang dikenal sebagai zat yang dapat membunuh sel-sel penyebab kanker. Kandungan epicatechin dalam dark chocolate juga mampu meningkatkan kinerja penghasil energi dalam tubuh. sehingga mampu membuat Anda merasa jauh lebih berenergi.


  • Membantu memperbaiki kinerja otot

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Texas menyatakan bahwa seorang atlet yang baru saja melakukan latihan dan mengonsumsi cokelat akan mengalami masa pemulihan otot yang lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Namun perlu digarisbawahi bahwa cokelat yang dikonsumsi adalah cokelat rendah lemak, bukan cokelat yang sudah tercampur susu maupun gula. Selain itu, kandungan epicatechin dalam cokelat juga dapat membantu pertumbuhan dan peremajaan otot, sehingga cokelat sangat baik jika dikonsumsi setelah olahraga atau melakukan aktivitas berat.


      Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi cokelat yang perlu kamu ketahui. Tentunya, cokelat yang baik adalah cokelat yang tidak memiliki banyak kandungan gula. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi produk olahan cokelat bubuk yang memiliki kandungan kakao asli di dalamnya. Charlotte merupakan salah satu produk cokelat bubuk yang bisa kamu sajikan panas maupun dingin. Selain diseduh sebagai minuman, Charlotte juga bisa digunakan sebagai topping untuk cake atau sebagai bahan campuran pembuatan pudding cokelat yang nikmat. Tersedia dalam dua varian rasa, Charlotte rasa milk chocolate cocok untuk kamu penggemar cokelat dengan rasa yang manis, sedangkan bagi kamu yang menyukai sensasi cokelat asli yang lebih pahit dan pekat, maka Charlotte dengan rasa dark chocolate bisa menjadi pilihan tepat.

      Omong-omong, di musim penghujan ini sepertinya enak kalau menikmati minuman cokelat panas sebagai penghilang penat dimanapun dan kapanpun. Makanya, kamu membutuhkan botol minum yang bisa menahan suhu panas agar tetap stabil di dalamnya, seperti Kochgerate Tumbler One Touch yang didesain sederhana namun mampu menjaga suhu panas maupun dingin hingga 24 jam! So, tidak perlu khawatir lagi cokelat panas dalam botol akan cepat dingin.

 




Produk Terkait






Artikel Terkait